Selasa, 05 Juni 2012

Trapattoni, Pelatih Tertua Dalam Sejarah Euro

Minggu (10/6) mendatang, Euro 2012 akan mempertemukan tim non unggulan Republik Irlandia melawan raksasa Eropa Timur, Kroasia. Di balik laga tersebut ada angka-angka menarik mengenai pelatih mereka. Yakni pertemuan pelatih tertua dan pelatih termuda dalam perhelatan empat tahun sekali ini.

Situs resmi UEFA Senin (4/6) melansir Pelatih Irlandia Giovanni Trapattoni akan menjadi pelatih tertua dalam sejarah Euro dengan usia 73 tahun. Sementara pelatih Kroasia, Slaven Bilić, pernah menjadi pelatih termuda pada perhelatan Euro 2008 silam dengan usia 39 tahun 271 hari.

Karir Bilić sebagai pelatih memang tak setenar Trapattoni. Mantan pemain Timnas Kroasia itu baru membesut tiga tim yakni HNK Hajduk Split, Kroasia Under-21 dan Timnas Senior Kroasia. Sementara Trapattoini telah malang melintang di dunia sepakbola baik sebagai pelatih maupun pemain.

Sebagai pelatih pria Italia kelahiran 17 Maret 1939 tersebut pernah membuktikan tangan dinginnya di sejumlah kub besar Eropa seperti AC Milan, Juventus, FC Internazionale Milano, FC Bayern München, Cagliari Calcio, ACF Fiorentina,SL Benfica, VfB Stuttgart dan  FC Salzburg. Sementara untuk tim nasional selain Irlandia, Trapattoni pernah melatih Italia.

Namun demikian kehebatan pelatih belum tentu berbanding lurus dengan hasil tim di lapangan. Seperti kata pepatah bola itu bundar. Apa pun bisa terjadi dalam pertandingan. Kita tunggu saja akhir pekan ini. (zul/jpnn)

Berikut daftar pelatih tertua dan termuda dalam sejarah Euro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar