Jakarta, 31 Mei
2012 - (ANTARA) - Survei pengikut sepak bola global terbesar yang
pernah dilakukan hingga saat ini pada hari ini menobatkan Manchester
United sebagai klub paling populer di dunia, dengan 659 juta pengikut di
seluruh dunia.
Survei ini dilaksanakan oleh agen riset
pasar terkemuka, Kantar, dan mengumpulkan 54.000 responden dari 39
negara. Klub yang oleh Forbes belum lama ini dinobatkan sebagai klub
bernilai tertinggi dalam olahraga di dunia didapati sebagai tim favorit
dengan 659 juta pengikut di seluruh dunia. Kantar juga menemukan fakta
bahwa sepak bola masih merupakan olahraga terpopuler di dunia, dengan
1,6 miliar pengikut di seluruh dunia, yang memperkuat hasil survei FIFA
baru-baru ini yang menghasilkan angka serupa.
Richard
Arnold, Direktur Komersial Klub, mengomentari strategi jangka panjang
yang telah menjadikan Manchester United klub nomor satu dalam olahraga
nomor satu di dunia:
"Manchester United telah membangun
tradisi pemain ikonik, tim ikonik, dan prestasi ikonik -- Beckham,
Busby, Benfica '68. Kini pertandingan kami disiarkan ke 1,15 miliar
rumah tangga secara global, kepada lebih dari empat miliar pemirsa
setiap tahun. Manchester United bergema bersama pengikut dari seluruh
dunia, dan semangat serta dukungan mereka inilah yang membuat kami tahun
demi tahun mampu terus melakukan hal-hal yang terpenting bagi semua
orang di dalam Klub: memainkan sepak bola menyerang dan berkompetisi
untuk mendapatkan trofi.
"Pertumbuhan jumlah pengikut kami
sejak tahun 2007 berkorelasi dengan apa yang telah kami lihat sejak kami
menggulirkan pendekatan baru untuk menjangkau penggemar. Dari
peningkatan pemirsa TV dari dua menjadi empat miliar pada musim lalu,
hingga permintaan dari jutaan pelanggan media di 72 negara melalui
kemitraan media kami, sampai bagaimana klip tendangan lambung Wayne
bergema ke seluruh dunia di media sosial, kami melihat bahwa hubungan
dengan klub telah bertumbuh secara eksponensial.
"Dengan tur
DHL Champ19ns Trophy kami telah menyaksikan sendiri semangat itu dari
komunitas pengikut kami di 38 kota di seluruh dunia, dan tampaknya tidak
ada pantai atau jalan di dunia di mana kami tidak melihat kaos Aon dan
Nike.
"Survei ini menunjukkan bahwa keluarga pengikut kami menjadi semakin kuat dan semakin kuat."
Catatan
1. Kantar adalah perusahaan penelitian pasar global yang terkemuka dengan kantor dan afiliasi di seluruh dunia
2. Kantar juga melakukan survei pengikut sepak bola global 2007, yang
memastikan komparabilitas pendekatan, metodologi, dan hasil
3. Survei yang terakhir dilakukan antara bulan Juni dan Agustus 2011
4. Respondennya berasal dari 39 negara, yang bersama-sama merupakan 75%
dari penduduk dewasa global dan 85% GDP (PDB) global. Jumlah responden
telah naik lebih dari dua kali lipat dari survei tahun 2007
5. Survei ini merupakan penelitian yang paling komprehensif mengenai
pengikut sepak bola yang pernah dilakukan. Total 35 pertanyaan
dianalisis:
-- Demografi, usia, jenis kelamin, latar belakang sosial ekonomi
-- Minat terhadap produk Manchester United, termasuk barang promosi (merchandise), kartu kredit, konten, dan keanggotaan
-- Hubungan, pengetahuan, dan sikap terhadap mitra komersial
6. Teknik ekstrapolasi Kantar yang canggih juga menjadikan survei ini
yang paling akurat mengenai pengikut sepak bola dari semua yang pernah
dilakukan. Variabelnya meliputi: data menonton TV dan peringkat FIFA.
Fakta tentang pengikut
- Manchester United memiliki 659 juta pengikut di seluruh dunia:
-- 71 juta di benua Amerika
-- 90 juta di Eropa
-- 173 juta di Timur Tengah dan Afrika
-- 325 juta di Asia-Pasifik
-- 108 juta di Cina saja -- hampir setengah dari seluruh pengikut sepak bola di Cina
- Jumlah pengikut Manchester United secara global telah bertumbuh 98% sejak survei sebelumnya tahun 2007
- Jumlah keluarga pengikut Manchester United adalah lebih besar daripada gabungan penduduk AS, Brazil, dan Meksiko.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar